Sekertaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia buka Rapat Kerja IAKN Ambon Tahun 2024

Administrator No Comments 03 April 2024

Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama buka Rapat kerja IAKN Ambon dan memberikan materi "Transformasi Layanan Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas" bagi peserta Raker IAKN Ambon tahun 2024, di Hotel Isabela Masohi Maluku Tengah,.

Indonesia Emas 2045 bukanlah sekadar impian, tetapi sebuah visi bersama yang harus diwujudkan oleh pemerintah dan masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, IAKN Ambon memegang peran penting dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk mewujudkan visi tersebut. Melalui Raker tahun 2024, IAKN Ambon menyusun program-program progresif untuk mencapai misi tersebut.

Dalam sambutannya, Sekjen IAKN Ambon menekankan pentingnya menyapa tahun 2030 dengan perspektif bahwa arah pendidikan harus menciptakan manusia yang mencapai kondisi "Well Being". Ini menuntut orientasi kompetensi pendidikan pada tiga aspek yang harus dibahas dalam Raker ini.

Sekjen menyoroti empat hal utama dalam penyampaian materinya yaitu aksesibilitas, kualitas dan relevansi, pembangunan daya saing, serta tata kelola perguruan tinggi. Menurutnya, tujuan utama pendidikan adalah menciptakan manusia yang memiliki pemahaman dan praktik yang baik dalam aspek attitude, value, skill, dan knowledge.

Beliau juga mengingatkan bahwa lembaga pendidikan harus menghasilkan individu yang memiliki kapasitas sesuai dengan TOP 10 SKILLS OF 2025 yang ditetapkan oleh World Economic Forum. Transformasi menjadi kunci adaptasi dalam menghadapi dinamika kehidupan yang terus berkembang.


Sekjen terus mendorong transformasi kelembagaan IAKN Ambon dan berharap transformasi dapat terealisasi dalam tahun ini, baginya dalam Proses transformasi tidak membutuhkan "Superman" tapi "Super Team" yang solid. ujar Sekjen.


Rektor IAKN Ambon Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA berharap bahwa di tahun mendatang, IAKN Ambon dapat menggunakan nama UKN (Universitas Kristen Negeri), sabagai langkah besar dalam perkembangan institusi ini. Dengan semangat transformasi ke arahan yang jelas untuk bergerak maju menuju Indonesia Emas 2045.


Komentar

Leave a Comment

KERJA SAMA