Raker ke-3 IAKN Ambon Rekomendasikan Alih Status IAKN ke UKN

Administrator No Comments 17 Maret 2021

Dalam tiga hari kedepan Senin 15 s/d Rabu 17 Maret 2021 Rapat Kerja ke-3 Tahun 2021 IAKN Ambon digelar dan bertempat di Marina Hotel Ambon, Tema yang diusung pada Rapat kerja kali ini yakni “Optimalisasi Perencanaan dan Pelaksanaan Anggaran Menuju Kampus Bersih Melayani”. Acara pembukaan Rapat Kerja ke 3 IAKN Ambon dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Drs. Urbanus Rahangmetan, M.Th, Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si, Kabag Perencanaan dan Sistem Informasi Ditjen Bimas Kristen Rowles Hasugian, M.Si, Para Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Kabag dan Kasubag yang berada dalam lingkup IAKN Ambon.

Ketua Panitia pelaksana W.Y Tiwery, D.Th dalam laporannya menjelaskan tujuan pelaksanaan Raker IAKN Ambon Tahun 2021 untuk mengevaluasi Program kegiatan dan anggaran yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya dan kemudian menyusun program kegiatan yang strategis bagi pengembangan mutu pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat pada tahun berikutnya. Lebih lanjut Ketua panita pelaksana yang adalah Wakil Rektor II berharap Rancangan program-program kerja dapat mengalami peningkatan kualitas dan berpedoman pada Renstra dalam mendukung kampus bersih melayani selain itu optimalisasi perencanaan dan pelaksanaan anggaran dalam rangka pencapaian tujuan pengembangan IAKN Ambon Tahun 2022.  Ketua Panita juga menjelaskan didalam Raker kali ini  Peserta berjumlah 32 orang yang terdiri pejabat eselon I,II,III,dan IV yang terdiri dari perwakilan dari masing-masing bagian, pembatasan peserta berjumlah dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam pelaksanaan protap kesehatan dalam upaya penanggulangan covid 19. Materi pelaksanaan kegiatan ini berupa penyajian materi oleh para Narasumber, diskusi panel pembahasan RKT dari masing-masing bagian, dan perumusan program kerja pada tahun 2022. Penyajian materi oleh 6 orang narasumber masing-masing : 1.Kebijakan program pendidikan pada PTKKN di lingkup Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI oleh Dirjen Bimas Kristen,

2. Prioritas program dan anggaran pada PTKKN dilingkup Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI oleh Sekretaris Ditjen Bimas Kristen 3. Tata cara penyusunan Program dan anggaran PTKKN yang efektif dan efisien oleh Biro Perencanaan Sekjen Kemenag RI, 4 Efektivitas dan efisiensi  pengelolaan anggaran berdasarkan perencanaan oleh Kanwil DJPb Provinsi Maluku, 5. Arah pengembangan IAKN Ambon tahun ketiga dalam rangka mewujudkan kampus yang bebas, bersih, mandiri dan melayani oleh Rektor IAKN Ambon 6. Evaluasi  program, kegiatan dan anggaran Tahun 2020 oleh Kepala Biro AUAK IAKN Ambon.

Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si dalam sambutannya mengatakan arah kegiatan Raker ini akan lebih banyak ke perencanaan pengembangan program tahun 2020. Perlunya Raker supaya memastikan bahwa perencanaan dalam tiap tahun berlangsung sesuai dengan arah yang telah di tetapkan dalam RIP dan Renstra IAKN Ambon. Menurut Rektor pada tahapan perencanaan tahun keempat pemantapan IAKN ini mengalami pergeseran perencanaan diluar apa yang dirancangkan sebelumnya yakni persiapan menuju Universitas Kristen Negeri untuk itu Rektor berharap kepada seluruh bagian baik Fakultas maupun di Biro dapat melihat PMA Nomor 20 Tahun 2020 tentang perubahan bentuk perguruan tinggi keagamaan (PTK) sehingga upaya  pemenuhan syarat untuk alih status ke Universitas kedepan dapat terlaksana " Perencanaan program pada Raker ini disamping melihat Renstra kita , juga harus melihat PMA 20 Tahun 2020 tentang alih status " tandas Kakiay.

Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Drs. Urbanus Rahangmetan, M.Th dalam arahannya sekaligus  membuka secara resmi Rapat Kerja ke 3 IAKN Ambon menegaskan Program yang dilaksanakan Tahun 2020 dievaluasi dan mempersiapkan program kerja yang bermanfaat bagi satker kedepan, dan tujuan evaluasi dalam rangka perbaikan program kerja Tahun sebelumnya. Menurut SesDitjen Raker ini tidak semata-mata bukan kegiatan seremonial tetapi raker ini bisa bermanfaat bagi IAKN Ambon. Lebih lanjut SesDitjen juga menyinggung tentang pengelolaan anggaran dan perencanaan menurut beliau anggaran (DIPA) yang telah dikucurkan kepada IAKN Ambon harus dikelola dengan baik. "saya berharap pengelolaan anggaran dapat dikelola dengan baik, jangan sampai anggaran tersebut dikembalikan ke kas negara" harap Rahangmetan.


Komentar

Leave a Comment