Ospek Maru IAKN Ambon tahun 2021, Resmi Dibuka

Administrator No Comments 18 Augustus 2021

Hari ini 18/08/2021 Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si membuka secara resmi Ospek Maru IAKN Ambon tahun 2021 yang dilakukan secara daring melaui aplikasi Zoom dengan mengusung tema Bertumbuh Dengan Iman Berkembang Dalam Integritas dan Sub Tema: Terwujudnya Mahasiswa Yang Bereligius,Berintelektual Serta Humanis Di Era Pandemik Covid-19 Melalui Ospek Maru Tahun 2021

 

Corneles Yusuf Woersok Dalam laporannya sebagai ketua panitia Ospek Maru IAKN Ambon 2021 mengatakan bahwa Kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru adalah pintu masuk bagi mereka yang akan belajar di sebuah perguruan tinggi dan Sebagai pintu masuk, kegiatan ospek maru merupakan sarana pembelajaran bagi para mahasiswa di kampus IAKN Ambon dan sudah tentu mahasiswa tersebut harus mengetahui, memahami dan menghayati segala aturan-aturan yang berlaku di kampus. Masa pengenalan kampus merupakan masa yang sangat krusial bagi mahasiswa baru sebagai awal pengenalan untuk pembentukan dan pengembangan karakter, etika dan moralitas dan sekaligus pengenalan terhadap lingkungan yang baru. Kegiatan ini juga bertujuan untuk Membentuk,membina dan mendidik mahasiswa agar dapat bertumbuh dengan iman melalui sikap, dan tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai  kristiani serta membentuk para mahasiswa sebagai bibit unggul yang berintegritas dalam seluruh aspek kehidupan diera pandemic covid -19 karena dalam keadaan saat ini mahasiswa harus tetap semangat dalam menuntut ilmu serta meraih prestasi baik dalam bentuk akademik maupun non akademik,  meskipun diperhadapkan dengan pendemi covid-19.

 

Dalam kegiatan ospek maru ini, para mahasiswa akan dibekali dengan sosialisasi melaui daring dari berbagai materi yang dapat membentuk sikap moral dan pengetahuan serta diharapkan agar mahasiswa dapat mengenal dan memahami struktur dan  kondisi kampus IAKN Ambon dan Puncak daripada kegiatan pengenalan kampus yaitu acara Yudisium dan Pengukuhan, yudisium dilakukan untuk mengumumkan hasil  nilai kepada Mahasiswa Baru sebagai proses penilaian akhir dan dilanjutkan dengan pengukuhan oleh Rektor IAKN Ambn kepada seluruh Mahasiswa yang mengikuti Ospek maru 2021 ini ”Ujar Woersok

 

Mengacu pada Tema dan sub Tema, ospek maru IAKN Ambon Tahun 2021 dilaksanakan dengan muatan materi sebagai berikut :

1.      Materi Internal Kampus

·         Welcome In IAKN AMBON (Profil IAKN AMBON) Oleh Dr.A.Ch.Kakiay,M.Si (Rektor IAKN Ambon)

·         Sosialisasi Peraturan Akademika IAKN Ambon Oleh Drs. Sudirman Simanihuruk, M.Th (Kabiro AUAK)

·         Sosialisasi SIAKAD Oleh Yoakhina.N.Makuruku,M.Kom (Kepala Unit PDPT)

·         Sosialisasi Perpustakaan Oleh Marthen. E. A. Akerina,S.E (Kepala Unit Perpustakaan)

·         Sosialisasi Pengembangan Wawasan Kebangsaan Dan Moderasi Beragama di IAKN Ambon Oleh Dr.Yance Z. Rumahuru, MA (Wakil Rektor 1 )

·    Sosialisasi Jalur Registrasi, Pembayaran dan Behasiswa IAKN Ambon Oleh Josefat N. Dias,S.Th, M.Si Kabag Akademik Kemahasiswaan   Kelembagaan IAKN Ambon.

·         Sosialisasi Pembelajaran Berbasis IT Oleh Denissa Luhulima,M.Pd (Dosen IAKN)

·         Pengenalan Organisasi Intra Kampus Oleh BEM IAKN Ambon

 

 

 

2.      Materi Ekstternal :

·         Sosialisasi Pencegahan Virus Covid-19 Oleh dr. Zulkarnain,M, Sp.JPK,FIHA ( Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku

·         Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Oleh Kepala Kepolisian Daerah Maluku

·         Sosialisasi Pengenalan Organisasi Ekstra Kampus GMKI Oleh BPC GMKI Ambon

·         Sosialisasi Pengenalan Organisasi Ekstra Kampus GMNI Oleh BPC GMNI Ambon

 

Dalam pidatonya, Presiden BEM IAKN Ambon Delkia Lesbatta menekankan bahwa Sesunggunya OSPEK atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau kegiatan awal bagi calon mahasiswa merupakan proses yang harus dilalui pada jenjang perguruan tinggi. Ospek juga merupakan seluruh rangkaian acara untuk pembentukan watak dan karakter bagi seorang mahasiswa baru. Ospek sekiranya tidak hanya dimakanai sebagai rutinitas tetapi suatu kegiatan yang benar-benar dimakanai oleh calon mahasiswa baru sebagai suatu pembentukan karakter dan pengenalan kampus, sehingga OSPEK merupakan suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk calon mahasiswa walaupun dalam kondisi pandemic covid-19.

 

Kondisi pandemic sekarang merupakan kondisi yang dimana segala bentuk aktivitas dilakukan secara online sehingga sebagai calon mahasiswa mestinya membutukan penyesuaian dalam berkampus. Ospek yang di lakukan secara online ini merupakan wujud dari penyesuaian proses dengan kondisi saat ini. Sehingga sebagai ketua BEM saya berharap segala bentuk materi yang disampaikan secara online benar-benar di pahami dan diserap oleh calon mahasiswa baru.

Tema OSPEK kita saat ini yaitu “bertumbuh dalam iman, berkembang dalam integritas” dan sub temanya yaitu, “Terwujudnya Mahasiswa Yang Religious, Berintelektual Dan Humanis Di masa Pandemic Covid-19 Melalui OSPEK Maru” karena itu kegiatan diharapkan bisa menjawab tema dan sub tema ini, yang dimana diboboti dengan sub-sub kegiatan yang berupa materi atau sosialisasi-sosialisasi dalam jangka waktu yang sudah ditentukan panitia dan terjadwal secara online.

 

Selain pengembangan spiritual mahasiswa baru juga harus bisa mengembangkan intelektual untuk menujukan marwa sebagai seorang mahasiswa dan kaum-kaum terpelajar bukan seperti bahasa orang tua kita pesankan pi par kuliah bukan par baku lia” selain itu mahasiswa baru juga dapat memposisikan diri sebagai anak bangsa Indonesia dengan tetap menjaga keharmonisan dan toleransi sebagai wujud atau represenatsi dari kampus kita yaitu kampus harmoni dalam perbedaan.

Dalam pengembangan kapasitas sebagai mahasiswa, bisa berusaha dan  bisa bergabung dalam organisasi-oraganisasi yang dapat memberikan pengalaman yang luar biasa yang dapat membuka wawasan berpikir dan menambah pengalaman dan Ada beberpa oraganisasi yang ada di kampus diantaranya organisasi intra (BEM, DPMF, HMPS) maupun ekstra (GMKI dan GMNI) yang siap membantu dalam mengembangkan kapasitas sebagai mahasiswa yang punya spiritual yang baik dan berintelektual “Ujar Lesbatta

 

Rektor IAKN Ambon dalam arahannya sekaligus membuka secara resmi Ospek Maru IAKN Ambon tahun 2021 ini menyampaikan Selamat datang bagi mahasiswa baru di kampus IAKN Ambon dan walaupun ini perjumpaan kita secara virtual, tapi kita boleh saling bertatap muka, dan Mungkin selama satu semester ini kita akan berkuliah secara daring.

Sebagai Rektor, Kakiay bersyukur bahwa seluruh proses untuk penerimaan mahasiswa baru sudah berlangsung dengan baik, baik melalui jalur seleksi nasional (SELNAS) Seleksi minat bakat, jalur ujian tertulis (PORTOPOLIO), dan akan segera bergabung nanti mahasiswa program KCP dan teman-teman yang masuk melalui jalur seleksi mandiri.

Kita memang berencana tanggal 23 Agustus 2021 kuliah sudah harus berjalan, dan karena itu BEM mengajukan untuk pelaksanaan ospek MARU dan sekaligus  inagursi Yang berlangsung pada hari ini sampai tanggal 21 besok.

Kakiay juga berterima kasih untuk koordinasi WAREK III dengan BEM dan panitia pelaksanaan ospek MARU dan Inagurasi sehingga kegiatan hari ini telah terselenggara, selaku Rektor IAKN Ambon Kakiay menyambut baik kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru dalam mengenal kampus, setidaknya ketika nanti masuk kampus, mahasiswa sudah mempunyai pengenalan yang cukup tentang kampus IAKN Ambon walaupun itu masih OverView, karena pengenalan lebih dekat atau lebih detail itu nanti akan diperoleh ketika mahasiswa sehari-hari berakhtifitas sebagai mahasiswa IAKN Ambon.

Kakiay berharap kepada semua pemberi materi yang memperkenalkan kampus IAKN Ambon pada para mahasiswa selama tiga hari ini dapat berlangsung dengan baik, dan mahasiswa juga dapaat mengikutinyaa dengan baik pula.

 


Komentar

Leave a Comment

KERJA SAMA