KUNJUNGAN KERJA TIGA PEJABAT TERAS KEMENTERIAN AGAMA RI DI KAMPUS IAKN AMBON PASCA GEMPA AMBON 2019

Administrator No Comments 04 Oktober 2019

Dalam dua hari ini yakni Kamis dan Jumat 3-4/10/2019, Kampus IAKN Ambon dikunjungi oleh tiga Pejabat Pusat dari Kementerian Agama RI yakni Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI Drs. H. Syafrizal, M.Si, Direktur Jenderal Bimas Kristen Prof.Dr. Thomas Pentury,M.Si dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof.Dr. Phil. H.M.Nur Kholis Setiawan, MA. Rangkaian kunjungan kerja dan melihat langsung kondisi Ambon pasca gempa 26/9/2019 diawali oleh Kepala Biro Sekretariat Jenderal Drs. H. Syafrizal, M.Si dengan mengunjungi Kampus IAKN Ambon secara dekat dan melihat kondisi gedung-gedung yang terkena dampak bencana gempa bumi di Ambon, selain mengunjungi Kampus IAKN Ambon Kabiro Umum Kemenag RI juga ke Kampus IAIN Ambon, Pondok Pesantren, Madrasah, tempat ibadah Masjid, Gereja ,Pura di lokasi Negeri Passo, Negeri Liang, Negeri Waai dan Negeri Tulehu yang terkena dampak gempa. Tujuan kunjungan Kepala Biro Setjen ini dalam rangka melihat secara langsung dampak kerusakan sekaligus memperoleh data untuk penyaluran bantuan dari Kementerian Agama RI berupa dana Tali Asih ASN Kementerian Agama RI.


Selanjutnya pada hari Jumat 4/10/2019, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof.Dr. Phil. H.M. Nur Kholis Setiawan, MA dan Direktur Jenderal Bimas Kristen Kementerian Agama RI Prof.Dr. Thomas Pentury, M.Si tiba di Ambon dan melakukan kegiatan silahtuhrahmi Keluarga Besar Kemenag Prov Maluku (Korban Gempa) dengan Sekjen Kemenag RI yang bertempat di Balai Diklat Keagamaan Ambon, pada kesempatan itu Sekjen kemenag RI menyerahkan bantuan Tali Asih ASN Kementerian Agama RI sebesar 1.1 milyar dan Dirjen Bimas Kristen menyerahkan bantuan dari DIPA Bimas Kristen Sebesar 2 milyar sehingga total bantuan yang diberikan oleh Kementerian Agama RI berjumlah 3,1 miyar dan diterima secara oleh Kakanwil Kemenag Prov Maluku Fesal Musaad, M.Pd dan bantuan langsung kepada Korban Gempa ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Maluku. Sekjen Kemenag mengatakan bantuan ini merupakan bentuk ikatan bathin, kebersamaan dan kekeluargaan dari keluarga besar Kemenag.

“ Makna dari bantuan ini bukan semata mata pada angka besar maupun kecil, semuanya memliki makna lebih sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan dari keluarga besar kementerian Agama” kata M.Nur Kholis Setiawan.

Pada kesempatan ini Dirjen Bimas Kristen Prof.Dr. Thomas Pentury, M.Si, memberikan bantuan dari DIPA Bimas Kristen sebesar dua milyar dan untuk pengelolaannya diserahkan kepada Kanwil Provinsi Maluku.

Menurut Dirjen bahwa Direktorat jenderal Bimas Kristen akan membangun kerohanian masyarakat dengan trauma healing.

“ Ini kita programkan Trauma healing bagi pengungsi, pembenahan psikologis dan rehab ringan rumah ibadah dan lembaga pendidikan” tegas Pentury.

Setelah rangkaian Silahtuhrami dan penyerahan bantuan kepada korban gempa di Balai Diklat Keagamaan Ambon berakhir Dirjen Bimas Kristen beserta rombongan dari bidang Bimas Kristen Kanwil provinsi Maluku mengunjungi Kampus IAKN Ambon, dengan melihat secara langsung kondisi bangunan dan gedung yang terkena dampak gempa bumi, beliau juga memberikan pembenahan psikologis kepada mahasiwa program PPG yang berada di Ambon pasca Gempa dan kegiatan ini berlangsung di gedung Auditorium IAKN Ambon.

Berselang beberapa jam kemudian Rombongan Sekjen Kemenag RI tiba di kampus IAKN Ambon dalam rombongan yang hadir Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. Nur Kholis Setiawan, MA, Kakanwil Kemenag Prov Maluku Fesal Musaad, M.Pd, Rektor IAIN Ambon, Dr. H. Toisutta, M.Si dan para pejabat di lingkungan Kanwil kemenag Provinsi Maluku.

Rektor IAKN Ambon Dr. A.Ch. Kakiay, M.Si dalam sambutannya menyambut baik kedatangan Sekjen Kemenag RI  yang bersedia mengunjungi Kampus IAKN dan dapat memberikan kuliah Umum serta Trauma Healing kepada Mahasiswa PPG yang berada di Kampus IAKN Ambon ini.

Sekjen Kemenag RI pada kesempatan ini memberikan Kuliah Umum dan Trauma Healing kepada Mahasiswa Program PPG yang terkena dampak akibat Gempa Ambon.

Dalam Kuliah Umumnya Sekjen memberikan semangat kepada para guru serta memberikan wawasan profesionalisme guru di bawah Kementerian Agama.




Komentar

Leave a Comment

KERJA SAMA