IAKN gelar BIMTEK Penguatan Kapasitas SPI

Penulis By Administrator   |   24 September 2019   |   dilihat 87 Kali

Sabtu 2/11/2019 IAKN Ambon menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penguatan Kapasitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) yang bertempat di Hotel Pasific Ambon. 

Gelaran BIMTEK Penguatan Kapasitas SPI tersebut resmi dibuka oleh Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Y.Z. Rumahuru, MA, Wakil Rektor II W.Y. Tiwery, D.Th dan Kabiro AUAK Drs. U. Rahangmetan, M.Th, para Pimpinan Fakultas, pejabat Eselon III dan IV dilingkungan IAKN Ambon. 

Kegiatan BIMTEK ini diikuti oleh peserta sebanyak 52 orang terdiri dari utusan dari Biro, Fakultas, Prodi,Kabag,Subag dan Unit pada IAKN Ambon. 

BIMTEK Penguatan Kapasitas SPI Menghadirkan 2 orang Narasumber yakni1.Syarif Syahrir Malle, M.Si (UIN Makassar) materinya adalah Teknik Penyusunan TOR & RAB dan Overview Audit SPI ( Kondisi-kondisi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang sering terjadi di PTKN) 2.Akhmad Muklis (UIN Malang) materinya adalah Review laporan keuangan dan Job Analysis.

Ketua Panitia Kegiatan BIMTEK Penguatan Kapasitas SPI Dr. H.J. Lesilolo M.Pd dalam laporannya mengatakan ada beberapa unsur yang harus menjadi perhatian akibat dari ketidakpatuhan dapat mengakibatkan penyimpanan administrasi, ketidakhematan, ketidakefisiensian dan ketidakefektifan mengakibatkan adanya temuan dan menjadi pertimbangan dari BPK dalam memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan,untuk itu sangat penting BIMTEK ini diselenggarakan.Ketua Panitia juga menyebutkan tujuan BIMTEK Penguatan Kapasitas SPI adalah menjadikan SPI mitra strategis dalam melakukan penyusunan program dan anggaran serta laporan keuangan.

Dalam sambutan pada acara pembukaan BIMTEK ini Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si mengatakan Bimtek ini dilakukan bukan saja SPI ini diperkuat tetapi juga pengelolaan keuangan lebih paham mengenai aturan yang berlaku. Rektor juga menjelaskan bahwa sejak masih STAKPN sampai IAKN, Kampus ini sudah merupakan sampel baik bagi Perguruan Tinggi Kristen Negeri maupun Perguruan Tinggi Budha, Hindu dan Katholik dalam proses pemeriksaan BPK maupun Inspektorat. Rektor menambahkan sejak tahun 2017 kampus ini sering mendatangkan para Narasumber baik dari perguruan tinggi maupun Inspektorat dalam rangka penguatan SPI "setiap tahun kami semakin memperkuat SPI dan memberi pemahaman tentang tugas-tugas SPI" tandas Kakiay. Rektor berharap dengan adanya BIMTEK ini SPI semakin kuat dan para pengelola keuangan mendapatkan masukan yang berharga supaya kedepannya pengelolaan keuangan negara di kampus IAKN Ambon menjadi semakin baik.


Partner