FIPK gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Mahasiswa

Administrator No Comments 12 Maret 2021

Jumat/12/03/21, Pada hari ini Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen menggelar kegiatan Pelatihan Penulisan karya ilmiah untuk Mahasiswa dengan mengusung Tema “ Inovasi Pendidikan dan Konseling Kristen di Era New Normal ( Peluang dan tantangan), Acara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah ini bertempat di Gedung Auditorium IAKN Ambon dihadiri oleh Dekan FIPK Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Wakil Dekan I Dr. Lourine Joseph, M.Th, Kaprodi Pendidikan Agama Kristen Dr.S.L.Souisa, M.Th, Sekprodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Dr. K. Makulua, M.Th dan Kaprodi Bimbingan Konseling Kristen H. Lekatompessy, M.Si beserta peserta pelatihan yang terlibat.

Ketua Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Mahasiswa W. Labobar, M.Pd dalam laporannya mengatakan manfaat pelatihan penulisan jurnal ilmiah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, merupakan upaya membangun budaya akademis Civitas Akademika berupa budaya literasi dan riset/penelitian di tingkat mahasiswa dengan tetap mempedomani Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Roadmap Penelitian di tingkat Fakultas dan LP2M di tingkat Institusi IAKN Ambon juga Menghasilkan jurnal ilmiah mahasiswa yang layak dipublikasikan pada Online Jurnal Sistem (OJS) “Didaxe dan Institusio”, Tetapi juga pada media cetak, dengan berbagai hasil pemikiran mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

lebih lanjut Labobar menjelaskan Pelaksanaan kegiatan ini diarahkan dengan metode yakni Pelatihan/Workshop, Penelitian mahasiswa dengan mendapatkan Pendampingan dari dosen,dan  Presentasi hasil Penulisan Jurnal Mahasiswa yang langsung dilakukan peninjuaan oleh Reviewer. Melalui ketiga metode ini, kebutuhan kegiatan yang menghasilkan hasil penulisan jurnal ilmiah mahasiswa dapat berlangsung secara optimal.

Adapun Jadwal dan tahapan kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa FIPK yakni pada hari Jumat,12 Maret 2021 digelarnya Workshop/Pelatihan, pada tanggal 13-30 Maret 2021 dilakukan penelitian mahasiswa dengan mendapatkan pendampingan dari Dosen, dan pada hari Kamis 31 Maret 2021 dilakukannya presentasi hasil Penulisan Jurnal Mahasiswa yang langsung dilakukan peninjuaan oleh Reviewer.

Dekan FIPK Dr. Agusthina Siahaya,M.Th dalam sambutannya mengatakan setelah melewati tahapan seleksi dari TIM Reviewer maka output dari kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah ini dapat dipublikasikan pada jurnal online (OJS) di Fakultas. Dekan juga berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini, mahasiswa yang merupakan utusan dari masing-masing program studi di FIPK dapat berkompetisi sehingga memberikan kontribusi bagi pengembangan Fakultas kedepan. “ saya sangat berharap kepada mahasiswa dapat menggunakan kesempatan ini sehingga apa yang menjadi target dalam kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dapat tercapai dengan baik” harap Siahaya.         

el)


Komentar

Leave a Comment