Akreditasi Pertama Prodi PSM IAKN Ambon

Penulis By Administrator   |   04 Desember 2020   |   dilihat 196 Kali

Jumat 04/12/2020, Bertempat di Gedung Pertemuan IAKN Ambon, Program Studi Pendidikan Seni Musik Fakultas Seni Keagamaan Kristen mengikuti Asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi, yang dilaksanakan oleh Tim BAN-PT Dr. Yudi Sukmayadi, M. Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. I Made Suardana, M.Th dari STAK Negeri Toraja secara Daring dan akan berlangsung selama dua hari kedepan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si, Para Wakil Rektor, Dekan Fakultas Seni Keagamaan Kristen, Para Wakil Dekan, Kaprodi Pendidikan Seni Musik, Sekertaris Prodi Pendidikan Seni Musik, Kepala Biro AUAK Drs. Sudirman Simanihuruk, M.Th, Ketua LPM Dr. Herly.J. Lesilolo, M.Pd, dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Musik, serta para pejabat struktural maupun fungsional dilingkungan IAKN Ambon,

Sebagai Kaprodi, Jeditia Taliak, M.PdK meyampaikan optimismenya untuk akreditasi ini, apalagi akreditasi Prodi Pendidikan Seni Musik (PSM) adalah yang pertama kali Dilakukan semenjak berdirinya prodi ini, dan hari ini adalah final dari seluruh persiapan yang telah dilakukan selama ini, dan karena ini adalah akreditasi yang pertama, maka hasil yang maksimal menjadi harapan besar Prodi karena tentunya ini akan menjadi langkah maju yang cukup besar bagi pengembangan prodi dan penyerapan lulusan di masyarakat kedepannya.

Dekan Fakultas Seni Keagamaan Kristen Branckly Egbert Picanussa, D.Th, mengatakan, Persiapan Prodi PSM untuk proses Akreditasi ini sangat  mendapat dukungan penuh,  baik dari  sivitas Fakultas Seni Keagamaan Kristen dan juga Institusi IAKN Ambon. Harapan kami,  proses akreditasi yang akan berlangsung 2 hari yang dimulai hari ini dan besok berjalan dengan lancar dan hasil yang maksimal menjadi harapan. Beberapa langkah terobosan yang akan dilakukan setelah mendapatkan hasil akreditasi ini adalah membudayakan budaya mutu untuk tetap menjaga dan mengembangkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa, studi lanjut bagi para dosen,  penambahan sarana dan prasarana penunjang, pemutakhiran kurikulum  agar tidak ketinggalan dalam perkembangan ilmu, memperbanyak penelitian dosen,  penelitian dosen dan mahasiswa,  tetap melaksanakan PkM, dan yang tak kalah penting adalah membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak,  baik dalam dan luar negeri, ujar Picanussa.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAKN Ambon Dr. Herly.J. Lesilolo, M.Pd menekankan, karena ini adalah akreditasi yang pertama bagi prodi PSM, maka diharapkan akreditasi ini akan berjalan dengan baik dan setiap standar yang telah terisi pada setiap borang diharapkan dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Dikti karena memang mutu yang diharapkan adalah mutu Prodi yang didalamnya itu terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa tetapi juga yang terkait dengan kepemimpinan output tetapi juga outcome, termasuk yang paling penting juga adalah soal standar  yang harus dicapai oleh para dosen dengan kegiatan tri dharma perguruan tinggi, terujinya kualitas dosen dengan hasil-hasil publikasi jurnal terakreditasi nasional, internasional, publikasi scopus, sinta, semuanya itu menjadi bagian dari penetapan mutu bagi prodi PSM dan Lesilolo berharap, Prodi PSM Akan menerima hasil yang terbaik.

Dalam arahan pembukaan, Rektor IAKN Ambon menyapaikan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, krena akreditasi Prodi PSM yang dimulai dari Asesmen Kecukupan dan saat ini kita boleh tiba pada Asesmen Lapangan, Rektor juga menharapkan akreditasi ini akan dinilai secara obkektif oleh para Asesor dan untuk semua data yang telah dipersiapkan dapat dipertanggungjawabkan dan diberikan dengan baik sebagai pembuktian yang telah dimasukan kedalam borang.

Partner