16 Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS IAKN Ambon mengikuti Uji Kompetensi ASN Tahun 2023

Administrator No Comments 13 Maret 2023

16 Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS IAKN Ambon mengikuti Uji Kompetensi ASN Tahun 2023 di Gedung Laboratorium Komputer, lantai 3 IAKN Ambon. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor IAKN Ambon Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru MA,. dan dihadiri oleh Seluruh Pejabat di Lingkungan IAKN Ambon serta  Syaiful Akbar dan Anggun Triyoga sebagai Asessor dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI, Senin 13 Maret 2023.


Pelaksanaan Assesmen ASN IAKN Ambon tahun 2023 didasarkan pada amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 serta PMA Nomor 1 Tahun 2020  yang bertujuan untuk pengembangan karier dari PNS yang diselaraskan dengan kualifikasi, kompetensi, profesionalitas, penilaian kinerja, dan kebutuhan instansi pengguna. Tentunya juga dengan memperhitungkan integritas dan moralitas ketika melakukan promosi, rotasi ataupun mutasi dalam sistem manajemen karier PNS yang berdasarkan prinsip SISTEM MERIT.


Novistianus Salenussa, M.Si, selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, dalam laporan menyatakan bahwa total peserta uji komptensi ASN berjumlah 16 (enam belas) orang yang berasal dari para pejabat eselon IV dan Pejabat Fungsional Ahli Muda di lingkup IAKN Ambon. Peserta akan mengikuti Kegiatan assesmen selama 2 hari yakni 13 dan 14 Maret 2023, yang diawali dengan  Tes tertulis, menggunakan CAT dan Tes Wawancara.

Rektor menegaskan bahwa Assesmen ini merupakan langkah strategis bagi IAKN Ambon guna transformasi menuju UKN, karena dengan uji Kompetensi ini akan mengukur sejauh mana kinerja, profesionalitas, bekerja sama, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai  ASN. Ditambahkan pula dengan assemen ini dapat memberikan gambaran tentang kelayakan seorang ASN untuk dipromosikan dalam menduduki jabatan tertentu. Diakhir sambutnya rektor kembali menegaskan

agar setiap peserta dapat mengikuti Assesmen dengan serius untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tim Assesmen Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI. Syaiful Akbar menyatakan bahwa, assesmen ini bertujuan untuk memperlihatkan gambaran kemampuan ASN sekaligus membuka peluang untuk berkarir. Lanjutnya dari assesmen diharapkan dapat menemukan potret kemampuan dari asessi, serta peluang karir di beberapa tempat pada Wilayah Kerja Kementerian Agama. Syaiful menambahkan pula bahwa  pelaksanaan Assesmen di IAKN Ambon sangat baik sekali karena didukung dengan fasilitas yang memadai serta lingkungan kampus yang mendukung sehingga memudahkan proses assesmen, luar biasa tegasnya.


Komentar

Leave a Comment

KERJA SAMA